Sering kali kita
mengalami kesulitan saat harus membuat daftar isi. Banyak orang yang
belum tahu bahwa MS word, baik 2003 maupun versi 2007 mampu membatu kita
membuat daftar isi otomatis. Saya masih teringat saat saya masih
membuatnya dengan manual. Repot melihat satu persatu topik dan
halamannya. Karena saya tidak teliti, kadang-kadang ada topik yang
hilang, ato malah salah halaman. Belum lagi draf makalah kita akan di
edit, wah ribet sekali harus susun daftar isi ulang. Bagi anda yang
belum tahu kemampuan MS word, mudah-mudahan tutorial ini dapat membantu menambah
kebingungan anda.
//
1. Buat style dari masing-masing bagian yang
akan dimasukkan ke dalam daftar isi.
a. Bagian judul
– Blok judul
– Atur format huruf sesuai dengan keinginan, seperti ukuran huruf,
center, dll => Klik styles pada panah ketiga
terbawah.
– Klik save selection as a new
quick styles => isi nama stye, contoh: judul
b. Sub bab
Blok sub judul => ikuti seperti langkah-langkah serupa di atas.
Akhirnya sampai pada Klik save selection as a new quick styles
=> isi nama stye, contoh: subjudul1
c. Sub sub bab
Blok sub sub judul => ikuti seperti langkah-langkah serupa di atas.
Akhirnya sampai pada Klik save selection as a new quick styles
=> isi nama stye, contoh: subjudul2
2. Buat semua bagian (judul, sub judul,
sub sub judul) sesuai dengan style yang sudah dibuat sebelunnya (poin 1
di atas) misalnya sub judul: rumusan masalah
– Blok sub judul: rumusan masalah
– Begitu juga dengan bagian yang lain.
Sampai akhir bab. Disarankan untuk tidak menggunakan nomor
otomatis dalam penomoran sub bab ataupun sub sub bab
Bila telah membuat style pada semua
bagian, kita sudah bisa membuat daftar isi..
Buat halaman baru di awal,
sebagai halaman Daftar Isi:
Page layout => breaks => newpage
Tulis judul daftar isi
buat style untuk daftar isi dgn style yang sesuai, dalam hal
ini style judul
Cara membuat daftar isi:
References => table of content => insert table of content =>
option => isi sesuai dengan bagian style yang ingin kita masukkan ke
daftar isi. dalam hal ini contohnya (judul,
sub judul, sub sub judul). Isi 1, 2 atau 3 dst sesuai
dengan keinginan kita menjorokkan bagian ini. => ok => ok
Langsung jadi daftar isi => edit seperlunya.
3. Bagaimana bila terjadi penambahan sub
judul?
Yang harus dilakukan cukup Klik mouse bagian kanan pada daftar isi yang
telah jadi => Update field => update entire table => OK
4. Bagaimana bila terjadi perubahan pada
nomor halaman ?
Yang harus dilakukan cukup Klik mouse bagian kanan => Update field
=> update page number only => OK
5. Apa bisa membuat Daftar tabel, Daftar
Gambar dll ?
Bisa, prinsipnya bahwa setiap bagian (judul tabel, judul ganbar, judul
lampiran) masing-masing harus dibuat style.
Langkah selanjutnya tinggal membuat Halaman Baru (lihat bagian 2)
untuk masing-masing Daftar, yang selanjutnya tinggal membuat TOC
seperti langkahi bagian 2.
Bila muncul Pesan di bawah, pilih No.
Sering kali kita
mengalami kesulitan saat harus membuat daftar isi. Banyak orang yang
belum tahu bahwa MS word, baik 2003 maupun versi 2007 mampu membatu kita
membuat daftar isi otomatis. Saya masih teringat saat saya masih
membuatnya dengan manual. Repot melihat satu persatu topik dan
halamannya. Karena saya tidak teliti, kadang-kadang ada topik yang
hilang, ato malah salah halaman. Belum lagi draf makalah kita akan di
edit, wah ribet sekali harus susun daftar isi ulang. Bagi anda yang
belum tahu kemampuan MS word, mudah-mudahan tutorial ini dapat membantu menambah
kebingungan anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar